Cara Mengatasi Penolakan Foto Noise di Shutterstock

Posting Komentar
Cara mengatasi penolakan karena noise di Shutterstock

Penolakan Shutterstock

Setelah mendaftar menjadi contributor di shutterstock, selanjutnya para contributor mengupload dan submit foto untuk direview oleh shutterstock, dan menentukan layak atau tidak layak, diterima atau ditolak, foto yang ingin kita jual di shutterstock. Jika foto yang kita upload dan submit di upprove/diterima, maka contributor tinggal menunggu hasil penjualan aset stock foto tersebut.

Namun menjadi masalah untuk contributor jika foto yang disubmit justru ditolak dengan berbagai alasan, seperti similar foto, out focus, trade mark, over exposure, hingga masalah noise pada foto. Dari banyaknya alasan penolakan di shutterstock, salah satu yang paling sering dialami oleh contributor foto adalah masalah noise.

Untuk masalah noise, sebenarnya bisa kita atasi dengan metode khusus untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi noise pada foto untuk disubmit lagi agar diterima/upprove shutterstock.

Noise

Secara sederhana. Noise adalah bintik-bintik warna yang muncul dan mengganggu kejernian sebuah foto. Noise biasanya muncul dikarenakan penggunaan ISO yang terlalu tinggi, hal ini biasanya terjadi ketika memotret sebuah objek pada tempat minim cahaya yang kemudian diperterang dengan meningkatkan ISO pada kamera, selain pada ssat memotret noise bisa juga muncul saat meningkatkan pencahayaan secara tidak stabil pada pengeditan foto.

Lalu bagaimana mengatasi masalah noise pada foto ?. Pada artikel ini, IrfandBlog akan memberikan tips, panduan, atau cara mengatasi penolakan microstock shutterstock karena masalah noise pada foto, simak lanjutan artikel berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Noise pada Foto

  1. Stabilkan sisi Gelap dan Terang pada Foto.
    • Untuk mengstabilkan sisi gelap dan terang pada foto, kita bisa menggunakan Color Curve. Dengan mempergelap bahagian gelap pada foto dan memperterang bahagian terang pada foto, hingga foto terlihat lebih natural, hingga noise tidak kelihatan lagi. Untuk mengeceknya close up bahagian perantara terang dan gelap pada foto.
  2. Gunakan Fitur Noise Reduction pada Photoshop.
    • Masukkan foto yang ingin di hilangkan/dikurangi noise ke Photoshop.
    • Kemudian pada menu bar dibahagian atas, klik FILTER hingga pilihan drop down muncul.
    • Selanjutnya, klik NOISE hingga muncul sub menu lagi.
    • Klik REDUCE NOISE (pilihan paling bawah).
    • Selanjutnya atur Strength antara (2-4).
    • Preserve Details atur jadi (0%).
    • Reduce Color Noise antara (10-25%).
    • Sharpen Details atur jadi(0%).
    • klik OK. Save foto tersebut, dan silahkan submit ulang ke Shutterstock.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Penolakan Foto Noise di Shutterstock, semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih

Related Posts

Posting Komentar