Kultum Tentang Mensyukuri Nikmat Allah

Posting Komentar
Kultum Tentang Mensyukuri Nikmat Allah SWT dalam bentuk naskah teks dan foto jpg
Kultum Tentang Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT

Kultum (kuliah tujuh menit)

Kultum mensyukuri nikmat Allah SWT. Di sekolah-sekolah negeri terlebih lagi sekolah swasta, kadang seorang siswa diberi tugas membuat KULTUM (kuliah tujuh menit) sebagai tugas mata pelajaran keagamaan, terutama mata pelajaran pendidikan agama islam.

Membuat kultum bagi sebagian besar siswa bukanlah hal yang mudah, entah karena masih minim pengetahuan tentang keagamaan atau memang lagi malas mengerjakan tugas kultum. Jika demikian maka sepertinya pembaca sedang berada di blog/website yang tepat, karna pada artrikel ini, Irfandblog akan membagikan naskah kultum berjudul Mensyukuri Nikmat Allah SWT.

Kultum Tentang Syukur Nikmat

Kultum mensyukuri nikmat Allah SWT. Memang merupakan judul kultum yang umum, kenapa demikian ?, karena mensyukuri nikmat Allah adalah keharusan bagi siapa saja, baik itu seorang siswa, guru, kepala sekolah, dan lain-lain. Selain itu, kultum mensyukuri nikmat Allah rasanya merupakan salah satu materi kultum yang cukup mudah dibawakan oleh anak sekolahan dan lebih mudah dipertanggung jawabkan sendiri, dibandingkan kultum dengan pembahasan ibadah yang lebih spesifik.

Berikut ini, kultum singkat tentang mensyukuri nikmat Allah SWT.

PERHATIAN
Mohon untuk tidak memposting ulang artikel ini pada website manapun,
demi menghindari terjadinya sengketa konten artikel dikemudian hari.
TERIMA KASIH

Naskah Kultum Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama dan yang paling utama , marilah kita meningkatkan rasa syukur kita atas ke hadirat Allah SWT, tuhan yang maha ESA, yang senantiasa melimpahkan berbagai macam nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini, kita semua masih dapat berkumpul di tempat ini, guna melaksanakan rutinitas dan kewajiban kita sebagai seorang pelajar, yakni mengikuti proses belajar mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada sang revolusioner sejati, anggun kepribadiannya, mulus budi pekertinya, serta penuh kesadaran di dalam hidupnya , yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 23 tahun, berhasil mengangkat derajat manusia dari zaman yang biadab menuju zaman yang beradab. Beliaulah Baginda Rasulullah SAW. Yang orang barat sering menjulukinya “ KING OF THE KING, KING OF THE WORLD “ Raja di atas raja, raja di atas Dunia.

Adapun judul kultum yang insya Allah akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini yakni : “ MENSYUKURI NIKMAT ALLAH “.

Sebagai manusia yang baik maka tentunya bersyukur akan nikmat pemberian dari Allah adalah hal yang mutlak kita lakukan sebagai hamba yang berbakti. Karena begitu banyaknya nikmat yang di anugrahkan Allah kepada kita sehingga tak seorang pun yang mampu menghitungnya. Allah swt berfirman di dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 18 Yang berbunyi :

Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 18, ayat tentang banyaknya nikmat Allah SWT yang tidak dapat dihitung

Artinya : “Dan jika kamu menghitung nikmat-nikmat Allah, maka niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya, sesungguhnya Allah benar-benar maha pengampun dan maha penyayang“.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT

Berdasarkan ayat tersebut, begitu banyaknya nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga dia sendirilah yang berfirman bahwa kita sebagai umat manusia tidaklah mampu menghitung banyaknya nikmat yang telah Allah limpahkan kepada kita semua.

Begitu banyaknya nikmat yang Allah limpahkan kepada kita, meskipun seluruh ranting-ranting pohon di dunia ini habis kita jadikan pena dan seluruh air di lautan habis kita jadikan tinta, maka kita tidak akan mampu menghitung nikmat Allah SWT.

Sebagaimana Firman Allah di dalam Al-Qur’an, surah Al-Luqman ayat 27 :

Al-Quran Surah Al-Luqman Ayat 27, ayat tentang nikmat Allah SWT

Artinya : “Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana“.

Sejauh manapun perkembangan ilmu pengetahuan manusia, tidak akan ada rumus yang mampu dibuat untuk menghitung-hitung nikmat Allah SWT. Karna sumua ini sudah di abadikan dalam Al-qur’an.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT

Dari sekian banyaknya nikmat yang dilimpahkan Allah kepada kita semua, ada 2 Nikmat yang paling sering kita lalaikan sebagai umat manusia. Imam Al-bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah SAW :

NI’MATAANI MAGHBUUNUN FIIHIMA KATSIIRUN MINANNAASI ASH-SHIHATU WAL FAROOGHU

Artinya : “Ada dua nikmat yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan lenggang (waktu luang)“.

Berdasarkan hadits tersebut, terdapat dua nikmat Allah yang sering kali kita lalaikan.

Yang pertama adalah nikmat kesehatan. Betapa banyak diantara kita yang diberikan nikmat kesehatan, namun tak sedikit diantara kita yang hanya menggunakan nikmat itu untuk kemaksiatan. Hadirin, betapa beruntungnya kita yang hadir di tempat ini, karena diantara kita, banyak pula saudara-saudara kita sesama muslim yang ingin melakukan ketaatan, namun apalah daya mereka tak mampu lagi melaksanakannya.

Yang kedua adalah waktu luang. Waktu adalah suatu hal yang terus bergulir dan tidak akan terulang lagi. Maka dari itu tak sedikit diantara kita yang berselisih dengan waktu. Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna, terlebih lagi mempergunakan nikmat waktu luang dengan hal-hal yang semakin menjauhkan diri dari Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT

Waktu itu bagaikan pedang bermata dua, jika digerakkan untuk kebaikan, maka hal baik pula yang kita peroleh, namun jika kita gerakkan untuk hal yang buruk, maka dampak buruk pula yang akan kita dapatkan dikemudian hari. Maka dari itu sebagai kesimpulan :

Marilah kita mensyukuri nikmat Allah ini dan memanfaatkan banyaknya nikmat yang dianugrahkan Allah kepada kita dengan hal positif yang diridohi oleh sang pemberi nikmat yaitu Allah SWT.

Demikianlah kultum yang sempat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Jika terdapat kekurangan pada kultum saya ini, maka itu datangnya dari diri saya pribadi, dan semua hikmahnya itu datangnya dari Allah SWT.

Wallahul Muaffiq Ilaa Aqwaamittoriq

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kultum Mensyukuri Nikmat Allah Versi Gambar JPG

Untuk kultum Mensyukuri Nikmat Allah Versi Gambar JPG, silahkan .

Demikian artikel tentang Kultum Mensyukuri Nikmat Allah yang dapat IrfandBlog tuliskan, semoga kultum mensyukuri nikmat Allah ini dapat memberikan manfaat kepada kalian semua, Terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar